5 Peninggalan Nenek Moyang yang Masih Ada di Tubuh Manusia

Nenek moyang manusia.

Selasa, 24 Januari 2023 – 11:04 WIB

VIVA Tekno – Pada dasarnya manusia mempunyai nenek moyang yang sama. Ini berarti banyak fitur dalam tubuh kita terbentang ribuan atau bahkan jutaan tahun.

Dalam biologi, istilah ‘homologi’ berkaitan dengan kesamaan struktur berdasarkan keturunan dari nenek moyang yang sama. Ini berbeda dengan struktur ‘analog’ seperti sayap pada serangga dan burung.

Berikut adalah lima contoh sifat kuno yang masih terlihat pada manusia saat ini, mengutip dari laman Science Alert, Selasa, 24 Januari 2023.

Selangkah lebih maju

Tindakan membiasakan berjalan dengan dua kaki, yang dikenal sebagai bipedalisme adalah salah satu langkah terbesar nenek moyang kita.

Hampir setiap bagian dari kerangka kita dipengaruhi oleh peralihan dari berjalan dengan empat kaki menjadi berdiri tegak. Adaptasi ini meliputi penyelarasan dan ukuran tulang kaki, tulang pinggul, lutut, tungkai, dan tulang belakang.

Ilustrasi melahirkan bayi.

Ilustrasi melahirkan bayi.

Photo :

  • Pixabay.com/cynthia_groth

Halaman Selanjutnya

Peningkatan pesat ukuran otak kita terjadi tak lama setelah kita mulai berjalan tegak. Ini membutuhkan perubahan pada panggul agar bayi berotak lebih besar bisa masuk melalui jalan lahir yang melebar.

img_title

Sumber: www.viva.co.id