AS Jalankan Operasi Intelijen Fitnah Rusia dan Iran Lewat Akun Palsu di Facebook dan Instagram

Meta.

Jumat, 25 November 2022 – 14:35 WIB

VIVA Tekno – Militer Amerika Serikat (AS) telah membuat akun palsu di Facebook dan Instagram dalam upaya untuk menipu orang banyak, kata perusahaan induk Meta.

Pakar keamanan di Meta menemukan beberapa kelompok akun palsu di platform, yang dianggap sebagai akun yang sah, menurut laman Independent, Jumat, 25 November 2022.

Akun-akun tersebut hadir tidak hanya di platform Meta tetapi juga di berbagai jaringan lainnya termasuk Twitter, YouTube, dan Telegram.

Mereka menggunakan akun palsu sebagai bagian dari operasi intelijen untuk mendorong narasi pro-Barat di seluruh dunia selama beberapa tahun, menurut penyelidikan terhadap kampanye hitam tersebut.

“Meskipun orang-orang di balik operasi intelijen ini berusaha menyembunyikan identitas dan koordinasi mereka, tapi penyelidikan kami menemukan kaitan dengan individu yang terkait dengan militer AS,” kata Meta dalam ‘Adversarial Threat Report’ terbarunya, yang merinci upaya tim keamanan untuk menghentikan kampanye yang menipu.

VIVA Militer: Tentara bayaran Ukraina dari Amerika Serikat (AS)

VIVA Militer: Tentara bayaran Ukraina dari Amerika Serikat (AS)

Operasi intelijen lewat akun palsu di Facebook dan Instagram ini difokuskan ke berbagai negara, seperti Afghanistan, Aljazair, Iran, Irak, Kazakstan, Kyrgyzstan, Rusia, Somalia, Suriah, Tajikistan, Uzbekistan, dan Yaman.

Sumber: www.viva.co.id