Awas! Selatan Jawa Berpotensi Gempa Megathrust M 9.0 dan Tsunami 34 Meter

Ilustrasi Tsunami.

Senin, 5 Desember 2022 – 14:05 WIB

VIVA Digital – Indonesia diperkirakan berada dalam daerah gempa Bumi megathrust di rangkaian Ring of Fire (Cincin Api Pasifik) – merupakan rangkaian gunung berapi dan situs aktif seismik yang membentang sampai Samudra Pasifik sepanjang 40.000 kilometer.

Megathurst merupakan gempa interlempeng yang paling kuat di Bumi. Hal ini karena besaran kekuatannya bisa melebihi magnitudo (M) 9,0 yang diduga ada di selatan Jawa.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari memperkirakan, gemp Bumi megathrust ini bisa terjadi setiap 400 tahun sekali.

Tidak main-main, kekuatan gempa tersebut adalah magnitudo (M) 8,8. Perkiraan ini sesuai dengan perhitungannya yang dilakukan dengan sejumlah peneliti memakai Global Positioning System (GPS).

Sunda Megathrust, pertemuan dua lempeng raksasa

Sunda Megathrust, pertemuan dua lempeng raksasa

“Bumi kita bergerak dan pergerakannya itu bisa dihitung dari GPS. Pergerakannya ini kemudian kita estimasi sampai maksimalnya itu dia bisa menahan itu kekuatan gempanya berapa,” kata Muhari, dalam acara Disaster Briefing yang disiarkan secara virtual.

Tapi, peneliti di Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhammad Sadly mengatakan, info mengenai gempa Bumi megathrust sifatnya hanya potensi, bukan prediksi. Karena kita tidak ada yang mengetahui kapan gempa megathrust itu bisa terjadi.

Sumber: www.viva.co.id