Bangun Tol Langit Sejauh 1.150 Kilometer

Jalur sistem komunikasi kabel laut (SKKL).

Sabtu, 26 November 2022 – 11:06 WIB

VIVA Tekno – Ekonomi digital Indonesia mengalami pertumbuhan pesat dengan nilai ekonomi yang diproyeksikan mencapai US$315 miliar (hampir Rp5.000 triliun) pada 2030.

Pemerintah fokus terhadap akselerasi transformasi digital dengan merumuskan Peta Jalan Digital Indonesia 2021-2024 yang terdiri dari 4 pilar.

Keempatnya yaitu infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital. Transformasi digital semakin dibutuhkan ketika situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan banyak aktivitas dilakukan dari jarak jauh.

Salah satu pondasi dalam transformasi digital adalah infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau tol langit.

Pembangunan tol langit pun harus memenuhi tiga kriteria, yakni memiliki jangkauan (coverage) yang luas, menggelar jaringan kabel serat optik sebagai tulang punggung (backbone), dan affordable price atau harganya terjangkau.

Kabel Optik Laut Jakarta-Surabaya

Kabel Optik Laut Jakarta-Surabaya

Perusahaan jaringan telekomunikasi fiber optik PT Ketrosden Triasmitra Tbk berencana membangun jalur sistem komunikasi kabel laut (SKKL) Rising-8 dari Jakarta-Batam-Singapura.

Sumber: www.viva.co.id