Manusia Bisa Berkomunikasi sama Kucing Hanya Lewat Kedipan Mata

Kucing  Liu Hui.

Senin, 28 November 2022 – 17:28 WIB

VIVA Digital – Baru-baru ini sebuah penelitian mengatakan bahwa ternyata bila ingin berkomunikasi dengan kucing dimungkinkan hanya dengan kedipan mata. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Piskolog Karen McComb dari University of Sussex di Inggris.

Dia mengatakan bahwa tindakan mengedipkan mata tersebut secara perlahan akan membuat kucing, baik yang memang hewan peliharaan maupun yang bukan hewan peliharaan akan mendekati dan menerima manusia.

“Sebagai seseorang yang telah mempelajari perilaku hewan dan pemilik kucing, sangat bagus untuk dapat menunjukkan kucing dan manusia dapat berkomunikasi dengan cara ini,” katanya, seperti dikutip dari situs ScienceAlert, Senin, 28 November 2022.

Berkedip.

Menurut Karen, kedipan mata ini sebetulnya mirip saat kucing mendapatkan kesenangan misalnya ketika mereka diusap dan lain sebagainya. Biasanya kucing akan berkedip dan menutup sebagian matanya sampai menyipit.

Dia juga mengatakan, hal tersebut adalah ekspresi senyum si kucing. Bukti anekdotal dari pemilik kucing mengisyaratkan bahwa manusia bisa meniru ungkapan tersebut guna menyampaikan kepada kucing bila kita ramah dan terbuka untuk berinteraksi.

Karen bersama tim psikolog merancang dua eksperimen untuk menentukan apakah kucing berperilaku berbeda dengan manusia yang berkedip lambat. Dalam percobaan pertama, pemilik mengedipkan mata perlahan pada 21 kucing dan 14 rumah tangga berbeda.

Sumber: www.viva.co.id