Orang Mesir Kuno Punya Cara Unik Menuju Alam Baka

Lidah emas yang ada di mumi.

Senin, 28 November 2022 – 16:28 WIB

VIVA Digital – Para arkeolog telah menemukan beberapa mumi era Mesir Kuno yang memakai kepingan emas di tempat yang posisinya bertepatan dengan lidah mereka berada.

Penemuan itu ada di pekuburan Quweisna (kadang-kadang dieja Quesna) di pusat Delta Nil. Ditemukan pada 1989, situs ini diperkirakan telah ditempati selama periode Ptolemeus dan Romawi, yang membentang dari sekitar 300 SM hingga 640 M.

Menurut situs Science Alert, Senin, 28 November 2022, mumi berlidah emas digali di perluasan kompleks arkeologi yang baru ditemukan, di mana banyak mayat lain dikebumikan pada tiga periode waktu yang berbeda di Mesir kuno.

Beberapa kerangka yang digali tulangnya dilapisi emas, sementara yang lain hanya dikubur di dekat scarab berbentuk emas dan bunga teratai. Lidah emasnya agak membingungkan, meski sudah pernah ditemukan sebelumnya.

Pada awal tahun 2021, para peneliti yang menggali situs berusia 2.000 tahun di Mesir menemukan sebuah tengkorak dengan ornamen berbentuk lidah yang berkilau di bingkai mulutnya yang menganga.

Kemudian, pada akhir tahun 2021, seorang pria, wanita, dan mumi anak ditemukan lagi dengan lidah emas, berusia lebih dari 2.500 tahun.

Mumi berlidah emas

Mumi berlidah emas

Photo :

  • Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir

Sumber: www.viva.co.id