Seberapa Cepat Buaya Berlari, Benarkah Bisa Melebihi Manusia?

Ilustrasi buaya.

Selasa, 24 Januari 2023 – 16:24 WIB

VIVA Tekno – Tak hanya lincah di air, ternyata buaya bisa berlari lebih cepat dari kebanyakan orang, bahkan dengan kecepatan 17 km/jam. Buaya rata-rata berlari dengan kecepatan 12 km/jam dengan perutnya saat berada di sekitar rawa dan tepian berlumpur.

Namun, saat mereka berada di darat buaya dapat berlari melebihi 17 km/jam. Tidak perlu takut dulu, karena buaya hanya dapat berlari dengan kecepatan tersebut untuk jarak pendek.

Pengukuran kecepatan lari buaya dilihat dari kondisi mereka berlari, misalnya seperti di mana mereka berada, apa jenis buayanya dan apa motif mereka berlari, seperti yang dilansir dari laman africafreak.

Kecepatan Lari Buaya Berbeda-beda

Ilustrasi buaya

Ada banyak spesies buaya di dunia dan terbagi dalam dua kategori yakni buaya air asin dan buaya air tawar. Sebagian besar buaya di Afrika adalah buaya Nil dan menghuni air tawar. Buaya air asin dan Nil adalah dua yang diketahui sebagai penyebab sebagian besar kematian manusia. 

Buaya Sungai Nil dan buaya air asin juga merupakan spesies tercepat yang mampu mencapai kecepatan lari tertinggi hingga 17 km/jam. Namun, semua buaya diketahui hanya bisa berlari dengan kecepatan tinggi untuk jarak pendek saja, biasanya 30-40 meter sekali lari.

Halaman Selanjutnya

Mengapa Buaya Bisa Berlari Cepat?

img_title

Sumber: www.viva.co.id