Gadget  

iPhone Terancam Langka

Pabrik Foxconn yang memproduksi iPhone di China.

Jumat, 25 November 2022 – 14:05 WIB

VIVA Tekno – Buruh Pabrik Foxconn berhamburan keluar dari asrama pada dini hari 23 November kemarin. Mereka berdesak-desakan dan mendorong melewati penjaga berpakaian putih yang jumlahnya jauh lebih banyak.

Beberapa orang berjas putih memukul seseorang yang tergeletak di tanah dengan tongkat. Penonton berteriak “lawan, lawan!” saat kerumunan orang memaksa melewati barikade.

Pada satu titik, beberapa mengepung mobil polisi yang ditempati dan mulai mengguncang kendaraan sambil berteriak tidak jelas.

Protes dimulai karena gaji yang belum dibayar dan ketakutan akan penyebaran infeksi. Beberapa pekerja terluka dan polisi anti huru-hara tiba di lokasi untuk memulihkan ketertiban.

Kericuhan itu membuat Foxconn mulai menawarkan 10.000 Yuan (Rp21,8 juta) kepada setiap pekerja yang memilih untuk keluar, menjadi keputusan yang tidak biasa yang dimaksudkan untuk menenangkan karyawan baru.

Mereka merupakan kelompok karyawan yang tidak puas atas regulasi Pemerintahan Presiden China Xi Jinping, yang memainkan peran sentral dalam protes kekerasan yang mengguncang pabrik iPhone terbesar di dunia.

CEO Apple Tim Cook Mengunjungi Pabrik Foxconn.

CEO Apple Tim Cook Mengunjungi Pabrik Foxconn.

Sumber: www.viva.co.id