Travel  

8 Tips Merencanakan Liburan Akhir Tahun yang Aman, Nyaman, dan Terjangkau

Ilustrasi Liburan

Jumat, 25 November 2022 – 13:00 WIB

VIVA Travel – Akhir tahun menjadi salah satu momen yang paling dinantikan untuk traveling. Liburan di periode akhir tahun membutuhkan persiapan yang lebih matang, baik dari segi alokasi budget, logistik, kesehatan diri hingga rencana perjalanan. Hal ini mengingat momen akhir tahun merupakan high season dan destinasi tujuan cenderung lebih ramai dibandingkan low season

Selain itu, liburan akhir tahun juga membutuhkan anggaran lebih tinggi. Sebagai gambaran, riset Pegipegi terhadap median harga hotel di 19 wilayah populer Indonesia menunjukkan, kenaikan harga hotel saat high season 15 persen lebih mahal dibandingkan low season. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Yogyakarta menjadi destinasi populer yang mengalami kenaikan harga tertinggi untuk semua kategori hotel, yakni 36 persen. Sementara itu, Jakarta menjadi yang terendah dengan kenaikan harga saat high season yaitu sebesar 9 persen.

Oleh karena itu, bagi yang sedang mempersiapkan traveling di akhir tahun, berikut delapan tips yang bisa Anda lakukan agar momen liburan tetap aman, nyaman, dan terjangkau:

1. Tentukan jadwal perjalanan

Hal ini merupakan aspek krusial yang patut Anda lakukan ketika ingin traveling di akhir tahun. Pastikan kapan dan berapa lama Anda melakukan perjalanan. Sebab, bagi Anda yang bekerja, perlu mengajukan cuti yang harus disampaikan ke perusahaan.

Selain itu, dengan menentukan jadwal perjalanan, Anda memiliki perkiraan waktu yang jelas dalam mempersiapkan perjalanan, mulai dari budget, memesan akomodasi dan tiket transportasi, menyusun itinerary hingga merapikan perlengkapan dan bekal perjalanan. 

Sumber: www.viva.co.id